Classes and Objects : A Deeper Look

Time Class Case Study

    Untuk contoh pertama terdiri dari dua class, yaitu Time1 dan Time1Test. Class Time1 menunjukkan waktu dalam sehari, sedangkan Class Time1Test merupakan kelas aplikasi dimana metode utama menciptakan satu objek dari Class Time1 dan memanggil metodenya. Kelas-kelas tersebut harus dideklarasikan dalam file terpisah karena kedua kelas tersebut termasuk Public Class.

Source Code : Time1 Class


Souce Code : Time1Test Class


Output :


Controlling Access to Members

    Class dalam program Java dapat saling berhubungan dengan cara memberikan akses terhadap member mereka. Semua yang ada di dalam class (atribut dan method) disebut member. Biasanya akan ada tingkatan akses yang disebut modifier.

    Secara umum ada 3 macam modifier yang digunakan dalam Java: public, private, dan protected. Apabila kita tidak menggunakan tiga kata kunci tersebut, maka member atau class itu tidak menggunakan modifier (no modifier). Masing-masing modifier akan menentukan di mana saja member bisa diakses. Modifier public akan membuat member dan class bisa di akses dari mana saja. Modifier private akan membuat member hanya bisa diakses oleh dari dalam class itu sendiri. Modifier protected akan membuat member dan class hanya bisa diakses dari:

        1.     Class itu sendiri;

        2.     Sub class atau class anak;

        3.     Package (class yang berada satu package dengannya).

Modifier protected juga hanya boleh digunakan pada member saja.

Berikut ini menunjukkan program mengakses anggota kelas lain yang privat.

Source Code : MemberAccessTest Class


Source code tersebut menunjukkan bahwa anggota kelas privat tidak dapat diakses di luar kelas. Baris 9-11 mencoba mengakses secara langsung variabel private hour, minute, dan second dari Class Time1. Ketika program ini di-compile, kompilator akan menghasilkan pesan seperti dibawah ini. 



Referring to the Current Object’s Members with the this Reference

    Setiap objek dapat mengakses referensi ke dirinya sendiri dengan menggunakan kata kunci "this". Program dibawah ini digunakan secara implisit dan eksplisit untuk merujuk ke anggota suatu objek.

Source Code : ThisTest Class


Output : 



Time Class Case Study : Overload Constructors

    Sebuah kelas harus memiliki sebuah method yang disebut sebagai konstruktor.  Sebuah kelas dapat memiliki konstruktor lebih dari satu. Pada saat eksekusi program, compiler akan mencari konstruktor mana yang sesuai dengan konstruktor yang dipanggil, hal ini disebut sebagai overloading.

Berikut ini contoh program konstruktor overload.

Source Code : Time2 Class


Source Code : Time2Test Class


Output : 


Komentar

Posting Komentar