Exception Handling

    Exception handling merupakan fasilitas di java yang memberikan flexibilitas kepada developer untuk menangkap bug atau kesalahan yang terjadi ketika program berjalan. Exception atau exceptional events merupakan salah satu mekanisme yang terdapat pada java untuuk menghindari pemborosan waktu pada saat proses error-checking. Kesalahan atau error yang terjadi saat runtime menyebabkan gangguan alur pada eksekusi program. Tipe error yang muncul pun cukup beragam, seperti error pembagian 0, input yang salah, dan membuka file yang tidak ada.

Berikut merupakan salah satu contoh exception handling.
BalokDenganException.java
Pada class ini, method setPanjang(), stLebar(), dan setTinggi() akan melemparkan exception jika nilai yang dimasukkan adalah negatif. Method-method tersebut mendeklarasikan IllegalArgumenException pada method headernya. 

TestBalokDenganException.java
Class ini digunakan untuk pengujian. Class ini membuat 5 objek untuuk menguji cara kerja penanganan exception. 

Output
Pada objek balok5 pada balok try, nilai panjang yang ditetapkan adalah negatif sehingga akan dilemparkan IllegalArgumentException pada method set Panjang(). Kemudian exception yang terlempar tadi akan ditangkap pada block catch. Tipe objek ex adalah IllegalArgumentException, dan ini sesuai dengan objek exception yang dilemparkan oleh method setPanjang(), sehingga exception ini akan ditangkap oleh blok catch. Lalu pada exception hanler akan meneampilkan pesan singkat dengan ex.toString() mengenai exception tersebut atau juga bisa menggunakan eex.printStackTrace(). Ketika exception terjadi, program akan tetap dilanjutkan. Jika exception handler tidak menangkap exception tersebut maka program akan dihentikan secara mendadak. Bila method melemparkan Error Exception dari RuntimeException maka method harus dipanggil di dalam blok try-catch.
Sehingga outputnya menjadi seperti ini. 


Komentar